25 Apr 2013

Menghafal Alquran Itu Mudah


 
Allah menurunkan Alquran sebagai petunjuk dan tuntunan hidup manusia. Selama berabad- abad lamanya Alquran tetap terjaga keaslia nya dan tidak ada seorang pun yang mampu mengubahnya walaupun hanya satu ayat. Ini karena Allah yang memberikan jaminan bahwa Dia yang akan menjaga sendiri kemurnian kitab suci yang diturunkannya tersebut.

Rasulullah SAW dan para sahabat menghafal Alquran dengan begitu mudah. Mereka menyimpan ingatan ayat demi ayat, surah demi surah yang begitu banyak. Mereka adalah orang yang pertama kali menghafal, memahami, dan mengamalkan ajaran Alquran selama hidupnya.

Buku ini membahas tentang metode menghafal Alquran yang bernama Kauny Quantum Memory.
Menurut penulis, salah satu teknik yang digunakan adalah baby reading. Teknik ini untuk memudahkan hafalan dan bacaan. Secara sederhana, teknik ini seperti kita mengajarkan kata demi kata kepada anak-anak. Kita tak perlu mengeja atau menjelaskan deretan huruf yang
ada, tetapi langsung mencontohkan bunyi tersebut. Lalu membacanya berulang-ulang agar terekam dalam ingatan.

Ibaratnya, kita mengajarkan anak naik sepeda. Kita tak perlu menjelaskan kepada anak
mana sadel, ban, jari-jari, atau stang. Tak perlu juga kita menjelaskan definisi, makna, serta asal-usul sepeda. Hal yang perlu kita lakukan adalah menyuruh anak naik sepeda, lalu kayuh, dan terus kayuh. Yang terpenting adalah bagai mana sang anak mau berlatih berulang-ulang
hingga bisa mengendarainya dengan senang.

Teknik ini sebenarnya pernah dicontohkan Rasulullah SAW. Rasulullah hanya membaca langsung
rangkaian huruf tanpa mengeja dari ayat yang langsung didengarnya dari Malaikat Jibril. Demikian juga para sahabat, mereka hanya mendengar langsung ayat tersebut berulang-ulang hingga mereka menyerap dan menghafalnya dengan mudah.

Beberapa kelebihan metode Kauny Quantum Memory, antara lain program pelatihannya dijalankan secara profesional, metode pembelajarannya sistematis, mudah, dan cepat, menggunakan metodologi yang berdasarkan riset dan uji coba, menggunakan metode relaksasi untuk menghafal, dan membangkitkan ketajaman panca indera dan kemampuan bawah sadar untuk menghafal. Bagi Anda yang sangat menginginkan bisa menghafal Alquran, metode ini bisa menjadi salah satu pilihan.